Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menujukkan Gejala Terkena Radiasi, 2 Warga Meksiko Dirawat

Kompas.com - 07/12/2013, 07:52 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com - Seorang remaja dan pemuda di wilayah tengah Meksiko harus dirawat di rumah sakit setelah menunjukkan gejala-gejala terkena radiasi.

Kedua orang ini berasal dari kawasan tempat ditemukannya material radioaktif yang sempat dicuri. Demikian pernyataan pemerintah setempat, Jumat (6/12/2013).

Remaja berusia 16 tahun dan pemuda 25 tahun itu kini berada dalam pengawasan ketat di sebuah rumah sakit di kota Pachuca, negara bagian Hidalgo.

Gejala radiasi yang muncul antara lain muntah-muntah, mual dan pusing-pusing. Namun, pemerintah tidak menjelaskan apakah kedua orang ini adalah para tersangka pencuri.

"Keduanya memiliki masalah kesehatan yang serius," kata Wakil Menteri Kesehatan Hidalgo, Jose Antonio Copca Garcia.

Pemerintah yakin kedua orang ini pernah membuat kontak dengan material radioaktif yang berada di atas truk yang dicuri di Hidalgo pada Senin (2/12).

Sebuah kapsul bermuatan cobalt-60 yang mengandung radiokatif dipindahkan dari sebuah perangkat yang ditemukan terongggok di sebuah ladang sekitar satu kilometer dari truk yang hilang itu, Rabu (5/12).

Komisi Nasional Keamanan Nuklir telah memperingatkan bahaya material itu dan siapapun yang menyentuhnya berpotensi besar untuk kehilangan nyawa.

Peringatan yang sama juga disampaikan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) yang memberi label "sangat berbahaya" bagi material radioaktif yang sebenarnya akan dipindahkan ke sebuah fasilitas pembuangan sampah radiaktif itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com