Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Maroko Bawa Lima Putranya Berperang di Suriah

Kompas.com - 07/12/2013, 01:50 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com - Seorang pria Maroko mengajak kelima putranya, termasuk yang baru berusia 13 tahun, untuk bergabung dengan salah satu faksi pemberontak militan Suriah.

Ahmed al-Sha'ara, nama pria itu, membawa kelima putranya melintasi Eropa dan Turki sebelum bergabung dengan kelompok pemberontak penentang rezim Bashar al-Assad. Demikian situs berita Mesir Al-Aram mengabarkan.

Salah seorang putra Ahmed adalah Osama (13), yang sebelumnya selalu mendampingi ayahnya dalam berbagai unjuk rasa di Tangier, Maroko utara, menentang penahanan sejumlah tokoh Salafi oleh pemerintah Maroko.

Jika kabar ini bisa dikonfirmasi kebenarannya, maka fakta ini akan mendukung klaim bahwa banyak keluarga di negara-negara Muslim berangkat ke Suriah untuk melawan Bashar al-Assad.

"Kami sudah melihat banyak keluarga dari Kaukasus dan Asia tengah, dan termasuk anak-anak, berangkat ke Suriah. Setidaknya setiap bulan satu keluarga melintasi perbatasan Suriah," kata Shiraz Maher, peneliti Pusat Studi tentang Radikalisasi dan Kekerasan Politik di King's College, London.

Maher menambahkan, tinggal menunggu waktu saja perempuan-perempuan Eropa juga akan menyusul dan bergabung dalam perang Suriah.

"Sudah terjadi interaksi besar-besaran di dunia maya antara kelompok-kelompok militan di Suriah dengan para perempuan di negara-negara Eropa," tambah Maher.

"Di garis depan, para perempuan ini nantinya akan menyediakan makanan untuk para pejuang dan melakukan indoktrinasi kepada anak-anak untuk menciptakan generasi pejuang selanjutnya," papar Maher.

Perang melawan rezim Assad yang didominasi kelompok Alawi dan Syiah, menarik kelompok-kelompok militan Sunni dari Afrika Utara, Eropa, Timur Tengah dan tempat tempat lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com