Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2013, 17:58 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Ghana John Dramani Mahama punya komentar tersendiri soal mendiang Nelson Mandela. "Presiden Mandela adalah penunjuk arah moral Afrika Selatan dan seluruh Afrika," katanya di Accra hari ini, Jumat (6/12/2013), dalam kesempatan menyampaikan ucapan belasungkawa kepada mantan Presiden Afrika Selatan tersebut, tulis AP.

Mandela yang meninggal dalam usia 95 tahun itu pernah menjadi Presiden Afrika Selatan pada 1994 sampai dengan 1999. Sebagian besar masa hidupnya, Mandela mesti berperang melawan penyakit infeksi paru-paru. Penyakit itu menjangkitinya saat dirinya berada di masa 27 tahun penjara.  

Lebih lanjut, Presiden Mahama mengatakan,"Kebebasan di Afrika adalah kenyataan yang diperjuangkan dengan kekuatan seperti dilakukan mendiang Mandela."

Mahama yang mengaku baru satu kali berjumpa dengan peraih Nobel Perdamaian itu mengatakan juga kalau bukan hal kebetulan tatkala tahun-tahun bebasnya Mandela dari penjara bersamaan dengan menanjaknya demokrasi dan penegakan hukum di Afrika. "Menyimak perjalanan Mandela membuat saya paham kalau jalan panjang menuju kebebasan di Afrika adalah sejarah Afrika itu sendiri," demikian Presiden John Dramani Mahama.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com