Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abbas: Mandela Selalu Ada bagi Palestina

Kompas.com - 06/12/2013, 17:06 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
RAMALLAH, KOMPAS.com — Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Jumat (6/12/2013), memberikan penghormatan untuk komitmen mendiang Nelson Mandela terhadap rakyat yang kini meratapi kepergiannya.

"Ini adalah kehilangan besar bagi semua bangsa di dunia, termasuk Palestina," kata Abbas. Dia menyebut Mandela sebagai simbol kebebasan dari penjajahan dan pendudukan.

Mandela, yang kali pertama mengunjungi Israel dan wilayah Palestina pada 1999, adalah salah satu pendukung setia Palestina dan perdamaian Timur Tengah.

"Orang-orang Palestina tidak akan pernah lupa pada pernyataan bersejarah (Mandela) bahwa revolusi di Afrika Selatan tidak akan mencapai tujuannya selama Palestina tidak merdeka," kata Abbas.

Abbas menggambarkan Mandela sebagai orang yang paling berani dan penting di antara para pendukung Palestina.

Banyak warga Palestina mendapat inspirasi dari sukses perjuangan Mandela menentang apartheid dalam kurun waktu panjang, untuk mengakhiri pendudukan Israel dan permukiman Yahudi di Tepi Barat.

"Nama Mandela akan tinggal selamanya bersama Palestina dan semua orang Palestina," kata Abbas.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com