Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PBB Sambut Baik Resolusi DK PBB untuk Afrika Tengah

Kompas.com - 06/12/2013, 12:38 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber ANT
NEW YORK, KOMPAS.com - Dewan Keamanan PBB, Kamis (5/12/2013) malam waktu setempat, mengeluarkan resolusi yang mengesahkan pengiriman pasukan Perancis ke Republik Asia Tengah. Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pun menyambut baik keputusan itu.

"Sekretaris Jenderal sangat menyambut pengesahan Resolusi 2127 (2013) oleh Dewan Keamanan hari ini (Kamis, red), yang diperlukan bagi pengiriman pasukan dari Afrika dan Perancis untuk menangani situasi di Republik Afrika Tengah," kata pernyataan yang dilansir Markas Besar PBB.

Juru bicara Ban, dalam pernyataannya itu, mengatakan resolusi tersebut sebagai langkah penting dan tepat waktu. Resolusi itu dinyatakan sebagai pesan yang jelas mengenai tekad internasional untuk menanggapi krisis yang terjadi di Afrika Tengah.

"(Kami)  mendesak Resolusi 2127 diterapkan sekarang dengan kecepatan penuh sehingga rakyat Republik Afrika Tengah dapat terbebas dari kerusuhan, ketidak-amanan, dan penderitaan lebih jauh," kata pernyataan itu.

Ban dalam pernyataan itu juga mengatakan PBB bersedia melakukan semua tindakan yang diperlukan guna memastikan pelaksanaan resolusi itu secara penuh. Dia pun menyampaikan keprihatinan atas memburuknya keamanan di Republik Afrika Tengah.

PBB, kata pernyataan itu, mengutuk keras beragam serangan yang terjadi di negara bekas jajahan Perancis itu, termasuk serangan terakhir yang terjadi Kamis. "PBB mengutuk serangan itu, menyeru pemerintah memastikan penghentian segera kerusuhan dan menyeru warga menahan diri serta menghindari lingkaran pembalasan."

Pernyataan tersebut memuat pula sambutan baik Sekjen PBB atas pembentukan Komisi Penyelidikan Internasional dan penerapan sanksi merujuk pada Resolusi 2127 yang baru disahkan itu.

Kalangan internasional, dimotori Perancis, berusaha meredam konflik berdarah yang terus melanda Afrika Tengah. Beragam aksi kekerasan di sana ditengarai sudah mengarah pada upaya pemusnahan etnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANT
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com