Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Sapi Australia ke Indonesia Sibuk Jelang Natal

Kompas.com - 05/12/2013, 19:08 WIB

Ribuan sapi dari Australia bagian tengah sedang dikirim ke Darwin, yang terletak di bagian utara benua, untuk kemudian dikirim ke Indonesia dan Vietnam sebelum hari Natal.

Para produsen di daerah Alice Springs, yaitu daerah yang terletak lebih kurang di tengah benua Australia, di wilayah Australia utara, kembali aktif membuka pasar ekspor ternak hidup dikarenakan banyaknya permintaan dari Indonesia akan sapi potong berukuran besar.

Produsen di daerah ini kebanyakan menghasilkan sapi yang rasnya berasal dari Inggris.

“Menurut saya, tak pernah ada jumlah pengiriman setinggi yang kita alami dalam tiga atau empat minggu terakhir,” ucap Herbie Neville, salah satu agen, yang mengaku sudah bekerja di sana sejak tahun 1994.

Sapi di daerah Top End, yang terletak hampir di ujung benua Australia, dihargai hingga 2,25 dollar (Rp 24.000) per kilogram. Sapi dari bagian tengah Australia dihargai lebih rendah.

Menurut Neville, harga daging sapi daerah tersebut berkisar 2 dollar untuk sapi yang belum digemukkan dan 1,90 dollar untuk sapi yang siap disembelih.

Dia berharap perdagangan dan tingginya harga terus berlangsung hingga tahun depan.

“Tergantung apa yang akan terjadi pada musim panas ini. Kita perlu hujan untuk kembali memenuhi persediaan pakan kita,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com