Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden Penikaman di Sebuah Masjid Australia, 1 Tewas

Kompas.com - 05/12/2013, 11:35 WIB
MELBOURNE, KOMPAS.com — Satu orang tewas dan dua lainnya terluka saat seorang pria menikam beberapa orang di sebuah masjid di Broadmedows, pinggiran kota Melbourne, Australia, Kamis (5/12/2013) pagi.

Harian The Guardian Australia mengabarkan, sejumlah saksi melihat seorang pria memasuki masjid dan menikam tiga orang pria pengunjung masjid.

Kepolisian Negara Bagian Victoria mengatakan, satu orang korban tewas di lokasi kejadian, sementara dua korban lain kini dalam keadaan kritis di rumah sakit.

"Tiga orang ditikam dalam peristiwa itu dan satu di antaranya tewas. Polisi sudah menahan tersangka penikaman," demikian pernyataan kepolisian.

Yesim Aksu, putra salah satu umat Masjid Broadmeadows, mengatakan, ibunya ada di dekat masjid saat penikaman terjadi.

"Ibu saya mengatakan seseorang masuk ke dalam masjid dan menyerang tiga orang. Ibu saya juga mengatakan polisi kemudian menutup jalan dan akses menuju masjid," ujar Aksu.

"Hubungan antarwarga di komunitas ini sangat erat sehingga sangat mengejutkan insiden seperti ini terjadi di sini," tambah Aksu.

Kawasan Broadmeadows merupakan salah satu kawasan di Victoria dengan jumlah penduduk Muslim yang signifikan. Masjid Broadmeadows merupakan salah satu masjid tertua di Melbourne.

Ketegangan di antara masyarakat belakangan dipicu terkait proposal pembangunan masjid kedua di kawasan Coolaroo yang berdekatan.

Pada Agustus lalu, sekitar 1.000 orang warga setempat berkumpul di depan balaikota Hume untuk menolak rencana pembangunan masjid yang akan berdiri di sebelah sebuah gereja itu.

Para pengunjuk rasa mengatakan, masjid sebaiknya dibangun di kawasan lain yang tidak terlalu "sensitif".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com