Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggalkan di Lahan Kosong, Zat Radioaktif yang Hilang di Meksiko

Kompas.com - 05/12/2013, 08:19 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP
MEXICO CITY, KOMPAS.com - Bahan dengan kandungan radioaktif cobalt-60 yang dicuri pada Senin (2/12/2013), ditemukan ditinggalkan begitu saja di lahan di pinggir jalan, Rabu (4/12/2013).

Truk pengangkut bahan itu dicuri dalam perjalanan dari rumah sakit yang menggunakan bahan tersebut untuk perawatan medis ke tempat pembuangan limbah berbahaya.

Direktur jenderal otoritas keselamatan nuklir Meksiko, Juan Eibenschutz, mengatakan bahan itu ditinggalkan di tanah kosong sekitar satu kilometer dari Hueypoxtla, sebuah kota pertanian berpenduduk 4.000 orang. "Untungnya tidak ada orang di sekitar bahan itu ditemukan," kata dia.

Truk kargo mengangkut sangat berbahaya itu dicuri saat berhenti di fasilitas pemberhentian. Sopir truk mengatakan truk tersebut dicuri oleh dua orang yang membawa senjata api.

Otoritas keamanan, kepolisian dan militer, melakukan operasi pencarian di enam kota dan di Mexico City, ibukota Meksiko.

Eibenschutz mengatakan kontak langsung dengan cobalt-60 bisa mengakibatkan kematian dalam beberapa menit. Dalam upaya pencarian, otoritas keamanan pun meminta setiap rumah sakit melaporkan ada atau tidaknya pasien dengan indikasi terpapar radioaktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com