Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Total Korban Tewas Haiyan 5.719 Orang

Kompas.com - 04/12/2013, 17:13 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Data termutakhir Pemerintah Filipina menunjukkan jumlah total korban tewas supertopan Haiyan menjadi 5.719 orang. Di dalam data rilisan AP pada Rabu (4/12/2013) itu termaktub pula jumlah korban hilang di posisi 1.779 orang.

Pemerintah Filipina di dalam data itu juga mengatakan dari jumlah korban tewas, 4.882 orang meninggal dunia di Provinsi Leyte. Provinsi ini adalah daerah terparah terlanda supertopan bernama lokal Yolanda itu.

Haiyan yang mengamuk pada 8 November 2013 tersebut, kata data itu, juga membuat 26.000 orang terluka. Ada 4 juta orang terusir dari tempat tinggal mereka.

Catatan itu pun menunjukkan kalau 1,2 juta rumah porak-poranda. Angka kerugian lantaran kerusakan plus hancurnya infrastruktur dan pertanian itu lebih dari 803 juta dollar AS.

Sementara itu, Kantor PBB untuk Urusan Kemanusiaan mengatakan, masih banyak kebutuhan operasional untuk mencari korban di daerah-daerah pelosok dan kepulauan di Leyte. PBB juga mengingatkan merebaknya penyakit-penyakit sebagai dampak bencana alam.

PBB sudah mengeluarkan kebutuhan pendanaan hingga 348 juta dollar untuk pemulihan. Dana itu mencakup juga program jaminan hidup untuk warga korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com