Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga AS yang Ditahan di Kuba Minta Bantuan Obama

Kompas.com - 04/12/2013, 13:38 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Seorang mantan kontraktor AS yang dipenjara di Kuba merasa diabaikan dan memohon bantuan Presiden Barack Obama untuk membebaskannya. Demikian dikabarkan harian The Washington Post, Rabu (4/12/2013).

Alan Gross menyampaikan permohonannya itu dalam sebuah surat yang dikirim lewat misi Amerika Serikat di Kuba. Surat itu kemudian dikirimkan ke Presiden Obama pada Selasa (3/12/2013), bertepatan dengan peringatan keempat penahanan Alan di Kuba.

Pria asal Maryland berusia 64 tahun itu ditahan aparat Kuba ketika membagikan peralatan komunikasi untuk komunitas Yahudi di Kuba yang sebenarnya adalah proyek Badan untuk Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID).

Pengadilan Kuba pada 2011 menyatakan, Alan melakukan kejahatan terhadap negara dan menjatuhkan vonis 15 tahun penjara.

Dalam suratnya, Alan mengatakan bahwa putri dan ibunya tengah berjuang melawan kanker, sementara istrinya terpaksa menjual rumah keluarganya di Maryland.

"Pekerjaan dan karier saya sudah hancur," kata Alan seperti dikutip The Washington Post.

Alan menambahkan, di saat pemerintahan AS saat ini dan di masa sebelumnya berupaya keras untuk membebaskan warga AS lain di luar negeri, Presiden Obama terlihat tak melakukan apa pun untuk kasusnya.

Namun, Gedung Putih menegaskan, sebenarnya Presiden Obama tengah berupaya untuk membebaskan Alan Gross, termasuk membicarakan nasibnya dengan para pemimpin asing.

"Kami sampaikan kembali tuntutan kami, yaitu agar Pemerintah Kuba segera membebaskan Alan Gross," kata juru bicara Gedung Putih, Jay Carney.

Carney menambahkan, penahanan Alan Gross adalah sebuah penghalang untuk hubungan AS-Kuba yang lebih konstruktif.

The Washington Post dalam beritanya menulis, kekecewaan Alan Gross juga dirasakan para politisi di senat. Harian itu melihat Alan merupakan korban terakhir Perang Dingin dan hubungan AS-Kuba yang lama membeku.

Bulan lalu, lewat sepucuk surat, 66 senator dari kedua partai politik mendesak Obama untuk melakukan langkah apa pun demi membebaskan Alan Gross dari penjara Kuba. Sementara itu, Pemerintah Kuba menyatakan siap untuk melakukan negosiasi terkait nasib Alan Gross.

Di Havana, salah seorang petinggi Kementerian Luar Negeri Kuba, Josefina Vidal, mengatakan bahwa negosiasi itu harus saling menguntungkan, merujuk empat warga Kuba yang ditahan di AS sejak 1998 dengan tuduhan mata-mata.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com