Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hezbollah Tuduh Arab Saudi Dalangi Bom Kedubes Iran

Kompas.com - 04/12/2013, 08:36 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com - Pemimpin Hezbollah Hassan Nasrallah, Rabu (3/12/2013) menuding Arab Saudi berada di belakang dua bom mobil yang meledak di dekat kantor Kedues Iran di Beirut bulan lalu.

Pernyataan ini menjadi tudingan pertama Hezbollah terhadap Arab Saudi sekaligus memanaskan situasi di kawasan.

Sebenarnya, sebuah kelompok teror terkait Al-Qaeda sudah menyatakan bertanggung jawab atas insiden yang menewaskan 23 orang itu.

Nasrallah mengatakan klaim kelompok tersebut sangat kredibel namun dia menegaskan agen-agen intelijen Saudilah yang mendukung peledakan itu.

Tak hanya itu, Nasrallah juga menuding agen-agen intelijen Arab Saudi juga terlibat serangan harian di Irak.

Sementara itu di sisi lain Lebanon, bentrokan kembali terjadi antara kelompok pemuda yang mendukung Suriah dan 21 orang pejuang ditangkap angkatan bersenjata seteleh mendapatkan mandat enam bulan untuk menghentikan pertumpahan darah di kota Tripoli.

Sepanjang tahun ini, konflik antara warga distrik Bab al-Tabbaneh yang mayoritas SUnni dan komunitas Syiah di Jebel Mohsen di kota Tripoli sudah menewaskan lebih dari 10o orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com