Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Masalah Penyadapan, Menlu Australia Akan ke Indonesia

Kompas.com - 04/12/2013, 06:52 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

CANBERRA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop akan terbang ke Jakarta untuk menemui Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa pada pekan ini.

Pertemuan tersebut rencananya akan membahas penanganan dan dampak aksi penyadapan oleh intelijen Australia terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan lingkaran dekatnya.

Rencana kunjungan Bishop ini merupakan respons Australia setelah Marty dalam pertemuan WTO di Bali kepada media menyampaikan bahwa dia siap melakukan pembicaraan dengan Bishop. "Saya akan menerima Menteri Bishop dan kita akan melihat hasil dari pertemuan itu,” ujar Marty.

Bishop sebelumnya sudah berencana berkunjung ke China dan Filipina setelah pertemuan di Parlemen Australia pada Kamis (5/12/2013). Namun, kini Bishop memutuskan melakukan perjalanan sehari lebih cepat untuk menemui Marty Natalegawa dan akan bernegosiasi langsung tentang kode etik kerja sama intelijen.

Sejak aksi penyadapan dan mata mata intelijen Australia terhadap petinggi Indonesia terkuak, Indonesia membekukan kerja sama militer dan kepolisian, termasuk yang menangani masalah perdagangan manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com