Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puing Roket Luar Angkasa China Menimpa Rumah Warga

Kompas.com - 03/12/2013, 19:26 WIB
BEIJING, KOMPAS.COM — Puing-puing roket yang membawa kendaraan bulan pertama China jatuh ke bumi di sebuah desa yang berjarak lebih dari seribu kilometer dari tempat peluncuran. Puing-puing menimpa dua rumah, kata sebuah laporan Selasa (3/12/2013).

Insiden sekitar sembilan menit setelah peluncuran misi Chang'e - 3, Senin pagi, itu terjadi di kabupaten Suining di provinsi Hunan. Berdasarkan laporan Xiaoxiang Morning Post, sudah hampir 20 kali puing-puing dari ruang angkasa menimpa daerah itu.

"Tiga balok atap jatuh di atas rumah kami, dan sebuah lubang besar terdapat di gudang kami," kata seorang warga setempat kepada harian itu.

Sebuah foto menunjukkan seorang warga yang tampak bingung sedang memperhatikan sebuah benda berbentuk lengkung yang tampaknya merupakan hidung sebuah roket, di bawah lubang menganga di atap rumahnya.

Menurut harian itu, pihak berwenang telah memberi kompensasi kepada penduduk sebesar 10.800 yuan (Rp 19,6 juta) dan 5.200 yuan (Rp 9,4 juta). Tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut.

Sebuah roket Long March-3B meluncur pada sekitar pukul 01.30 Senin pagi waktu setempat dari Xichang Satellite Launch Center di China barat daya. Misi kendaraan bulan itu merupakan bagian dari program ambisius luar angkasa China, yang punya tujuan untuk membangun stasiun ruang angkasa permanen pada tahun 2020 dan akhirnya mengirimkan manusia ke bulan.

Namun, puing-puing dari sejumlah peluncuran ke luar angkasa China telah sering menimpa kabupaten Suining. Sejak awal tahun 1990-an, sudah hampir 20 kali bagian-bagian roket jatuh menimpa daerah itu, lapor Xiaoxiang Morning Post. Mei lalu, puing-puing sebuah roket yang dikirim Xichang Launch Centre menimpa rumah dan mengenai kawat tegangan tinggi di daerah tersebut, kata Shanghai Daily News. Pada Oktober 2011, sebuah kerangka baja dengan bobot lebih dari 250 kilogram mendarat di sebuah lapangan setelah peluncuran sebuah satelit lain, dan puing-puing lainnya menembus atap sebuah rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com