Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konglomerat Korsel Kurangi Investasi Dalam Negeri

Kompas.com - 03/12/2013, 12:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Konglomerat Korea Selatan (Korsel) sampai dengan sembilan bulan pertama tahun ini tercatat mengurangi investasi dalam negeri. Pemicunya, Samsung Electronics yang menyusutkan belanja modalnya. Warta APpada Selasa (3/12/2013) menyatakan hal tersebut.
Investasi 155 perusahaan yang terafiliasi dengan Samsung Electronics itu meliputi 30 konglomerat papan atas di Korsel. Total investasi sampai kini mencapai 68,26 triliun won atau setara dengan 64,34 miliar dollar AS. Angka ini susut 5,1 persen pada periode sama 2012 seturut data CEOscore.

Reduksi investasi itu setara dengan 20 persen total investasi dari 30 konglomerat. Investasi Samsung sendiri susut 18,6 persen. Sejauh ini, Samsung Electronics berencana fokus pada investasinya di kuartal keempat.

Sementara, grup bisnis raksasa seperti POSCO menaikkan ekspansi modalnya. Kelompok yang mengelola industri baja itu menaikkan belanja modalnya 17,8 persen sepanjang Januari sampai dengan September 2013. Kemudian, Hyundai Heavy Industries dan Hyunday Motor mencatatkan perolehan mencapai 10 persen dan 8,6 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com