Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Elang "Curi" Kamera lalu Rekam Lanskap Australia

Kompas.com - 02/12/2013, 14:09 WIB
KOMPAS.com — Seekor elang secara tidak sengaja merekam lanskap alam di pedalaman Kimberley, Australia Barat, setelah "mencuri" sebuah kamera tersembunyi yang dimaksudkan untuk memonitor buaya di sebuah sungai di daerah itu. Kamera tersebut belakangan ditemukan sekitar 110 km dari tempat semula.

Elang laut itu bahkan sempat terlihat dalam rekaman berdurasi sekitar 30 detik. Gambar yang tampak adalah pemandangan alam di wilayah itu, meskipun gambarnya terbalik. Tampaknya sang elang membawa kamera tersebut secara terbalik.

Para penjaga hutan memasang kamera tersembunyi itu di Sungai Margaret pada Mei lalu. Kamera dimaksudkan untuk merekam gambar buaya air tawar. Namun, seorang pejaga hutan, Roneil Skeen, mengatakan bahwa kamera itu hilang tidak lama setelah dipasang.

"Tadinya kami mengira, kamera itu jatuh ke air," katanya.

Namun beberapa waktu lalu, pihak penjaga hutan mendapat telepon dari seseorang, yang mengabarkan ditemukannya kamera kecil di Sungai Mary, sekitar 110 km dari Sungai Margaret.

Setelah mendapatkan kamera itu kembali, para petugas pejaga hutan ini kemudian mencoba melihat isi rekamannya, dan berhasil menyelamatkan rekaman berdurasi sekitar 30 detik.

Rekaman menunjukkan elang itu menggaruk kamera sebelum membawanya terbang ke udara. Kemudian, kamera itu dilepas, dan si elang tampak mematukinya.

Menurut Skeen, mereka kaget melihat isi rekaman kamera itu. "Ini hal pertama yang pernah terjadi, kamera dibawa terbang oleh burung dan tetap merekam," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com