Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Australia Tewas Diserang Hiu saat Berselancar

Kompas.com - 01/12/2013, 02:46 WIB
SYDNEY, KOMPAS.com - Seorang remaja tewas setelah diserang hiu di Australia, Sabtu (30/11/2013), hanya sepekan setelah seorang peselancar juga tewas diserang hiu di pesisir barat negeri itu.

Kepolisian New South Wales mengatakan mereka mendapatkan panggilan serangan hiu dari pantai Campbells dekat Coffs Harbour, sekitar 450 kilometer sebelah utara Sydney.

"Seorang pria diduga berusia 18 tahun, sedang berselancar bersama teman-temannya 100 meter dari pantai saat kakinya diserang oleh yang diyakini adalah seekor hiu," kata kepolisian dalam pernyataan resmi.

"Kawan-kawannya berhasil membawanya kembali ke pantai dan sempat mendapatkan perawatan paramedis. Sayangnya tak lama kemudian dia dinyatakan meninggal dunia," tambah polisi.

Seorang paramedis mengatakan korban mengalami luka parah di kakinya, namun kemungkinan besar dia meninggal dunia karena serangan jantung akibat trauma menyusul serangan tersebut.

Polisi mengatakan remaja itu sedang duduk di atas papan selancarnya di Riecks Point yang tersembunyi saat kedua kakinya digigit.

"Pertarungan sempat terjadi dan dia berhasil melepaskan diri. Butuh beberapa waktu untuk membawanya ke pantai dan dia kehilangan cukup banyak darah dalam perjalanan," kata Inspektur Joanne Reid dari Kepolisian Coffs Harbour seperti dikutip Sky News.

Joanne menambahkan, teman-teman remaja itu berusaha keras membawanya ke pantai dan memberi pertolongan secepatnya.

"Ini adalah sebuah peristiwa yang sangat tragis," ujar Joanne.

Warga setempat mengatakan hiu sangat jarang terlihat di perairan itu dan kejadian ini sangat mengejutkan penduduk lokal.

Sepekan lalu seorang peselancar berusia 35 tahun tewas akibat serangan hiu di dekat Gracetown, 270 kilometer sebelah selatan Perth, Australia Barat.

Hiu memang banyak didapati diperairan Australia dan serangan hiu terhadap manusia sangat jarang terjadi. Setiap tahun hanya satu dari 15 serangan hiu yang berakhir dengan kematian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com