Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Telepon Raja Saudi Setelah Kesepakatan Iran

Kompas.com - 28/11/2013, 14:26 WIB
RIYADH, KOMPAS.COM - Presiden AS, Barack Obama, menelepon Raja Saudi, Abdullah, Rabu (27/11) malam, untuk membahas perkembangan terbaru di Timur Tengah, kata sebuah laporan. Hal itu terjadi beberapa hari setelah beberapa negara kuat dunia mencapai kesepakatan nuklir dengan Iran.

Kesepakatan penting dengan Iran, yang akan mengekang sebagian program nuklir Iran dengan imbalan pelonggaran sejumlah sanksi internasional, mendapat sambutan yang hati-hati dari Riyadh, yang takut dengan ambisi regional Teheran.

Obama dan Raja Saudi itu membahas "hubungan bilateral antara kedua negara sahabat, perkembangan di wilayah tersebut, dan isu-isu kepentingan bersama," kata kantor berita milik Saudi, SPA.

Hubungan Saudi-AS menjadi tegang terkait ketidaksenangan Riyadh dengan kebijakan Washington terhadap Suriah dan Iran. Pemerintah Arab Saudi yang menganut Islam Suni telah terlibat persaingan panjang dengan Iran yang didominasi Syiah.

Ketika menanggapi kesepakatan antara sejumlah negara kuat itu dengan Iran hari Minggu lalu, pemerintah Saudi mengatakan hal itu bisa menandai langkah pertama menuju solusi yang komprehensif bagi program nuklir Iran, "jika memang ada niat baik".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com