Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selangkah Lagi, Belgia Legalkan Eutanasia untuk Anak-anak

Kompas.com - 27/11/2013, 21:29 WIB
BRUSSELS, KOMPAS.com — Belgia, satu dari sedikit negara di dunia yang mengizinkan eutanasia, pada Rabu (27/11/2013), tinggal selangkah lagi untuk menyetujui eutanasia untuk anak-anak yang sakit dan sekarat.

Proposal untuk eutanasia anak ini sudah disetujui komite urusan sosial dan hukum Senat setelah diskusi berbulan-bulan yang memicu debat publik. Persetujuan komite memungkinan proposal ini dikirim ke parlemen untuk pengambilan suara dalam beberapa bulan ke depan.

Rancangan undang-undang ini memungkinkan eutanasia dilakukan kepada anak-anak yang menderita sakit mematikan, selama mereka sudah bisa menentukan keinginan sendiri dan rasa sakit yang mereka derita sudah tak tertahankan.

Anak-anak ini dalam mengambil keputusan akan didampingi tim medis dan persetujuan orangtua diperlukan untuk melakukan eutanasia.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan tiga perempat rakyat Belgia menyetujui rencana itu. Sebelumnya, pada awal bulan ini, 16 orang dokter anak mendesak parlemen untuk menyetujui rencana tersebut.

"Mengapa kita mengabaikan anak-anak dalam hal ini?" ujar para dokter lewat sebuah surat terbuka.

Para dokter beralasan bahwa anak-anak berusia 18 tahun sudah mampu membuat keputusan dewasa saat menghadapi kematian.

"Pengalaman kami menunjukkan bahwa dalam kasus sakit yang sangat parah dan kematian adalah hal yang pasti, anak-anak dengan cepat menjadi dewasa, bahkan tak jarang mereka lebih dewasa ketimbang orang dewasa yang sehat," kata mereka.

Namun, para pemuka agama Kristen, Islam, dan Yahudi menentang rencana eutanasia terhadap anak-anak ini. "Kami menyuarakan keprihatinan kami terkait masalah ini," kata para pemuka agama.

"Eutanasia kepada kelompok orang yang rapuh ini, anak-anak atau mereka yang cacat, sama sekali tidak konsisten dengan kondisi mereka sebagai manusia," tambah mereka.

Pada 2002, Belgia menjadi negara kedua di dunia setelah Belanda yang melegalkan eutanasia bagi mereka yang menderita penyakit yang tak mungkin disembuhkan lagi.

Tak seperti Belgia, undang-undang Belanda mengizinkan eutanasia untuk anak-anak di atas usia 12 tahun.

Pada 2009, Luksemburg juga melegalkan eutanasia, tetapi hanya untuk orang dewasa. Di Swiss, para dokter bisa membantu pasien yang ingin mengakhiri hidup mereka, tetapi eutanasia masih ilegal di negeri tersebut.

Sepanjang 2012, tercatat 1.432 kasus eutanasia di Belgia, naik 25 persen dari tahun sebelumnya.
Terdapat persyaratan ketat bagi mereka yang menginginkan eutanasia. Misalnya, pasien harus dalam keadaan sadar dan mengulang permintaan kematiannya secara sukarela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com