Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Materi Ujian tentang Perkosaan Dikecam

Kompas.com - 27/11/2013, 20:09 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Materi ujian drama yang meminta siswa sekolah menengah atas menggambarkan skenario pemerkosaan bayi mengejutkan guru, orangtua, dan siswa di Afrika Selatan.

Para siswa diminta memberikan gambaran pemerkosaan terhadap bayi berumur sembilan bulan dengan cara dramatis guna memaksimumkan horor serangan brutal di mata penonton, seperti dilaporkan oleh kantor berita AFP.

Dalam skenario itu disediakan sapu lidi dan roti sebagai simbol untuk mendukung pementasan.

Kelompok-kelompok guru, wali murid, siswa, dan aktivis berpendapat materi ujian tidak peka terhadap kondisi yang sebenarnya mengingat tingginya angka kekerasan seksual di Afrika Selatan.

Seorang guru, seperti dikutip media Afrika Selatan, mengatakan, materi ujian drama tersebut sangat menakutkan, apalagi kekerasan seksual marak di kalangan anak muda. Ia menambahkan di sekolahnya terdapat beberapa siswa yang mengalami kekerasan seksual.

Seorang pejabat Kementerian Pendidikan mengatakan, materi seperti itu "tidak baru" bagi siswa SMA. Menurutnya, siswa mulai merasakan realitas kedewasaan di luar lingkungan rumah dan sekolah. Melalui drama, mereka menghadapi masalah nyata "melalui cerita yang aman".

Materi ujian drama diambil dari ringkasan drama Tshepang karya penulis Afrika Selatan, Lara Foot. Cerita diambil dari peristiwa pemerkosaan bayi berusia sembilan bulan, yang dikenal dengan nama Tshepang, oleh kekasih ibunya pada 2001.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com