Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Orang Ditangkap karena Bahayakan Keamanan Negara

Kompas.com - 27/11/2013, 13:04 WIB
BEIJING, KOMPAS.COM - Tahun 2012, China menangkap lebih dari 1.000 orang karena dianggap "membahayakan keamanan negara", kata sebuah kelompok advokasi, Rabu (27/11). Jumlah itu naik hampir 20 persen dari tahun sebelumnya.

Jumlah orang yang ditangkap terkait tuduhan itu, yang umumnya menimpa warga etnis minoritas, naik 19 persen hingga mencapai 1.105 orang, kata Dui Hua Foundation yang berbasis di AS dalam sebuah pernyataan. Yayasan itu mengutip angka resmi pemerintah China.

Pelanggaran kategori "membahayakan keamanan negara" itu menggantikan tuduhan "kontra-revolusi" pada 1990-an. Tuduhan pelanggan itu terutama ditujukan untuk menekan perbedaan pendapat politik. Hal itu dikenakan pada  mereka yang disebut terlibat dalam upaya "pemisahan diri", atau mendukung kemerdekaan di sejumlah wilayah China, serta tindakan spionase.

Dui Hua mengutip China Law Yearbook tahun 2013 yang mengatakan bahwa kenaikan jumlah penangkapan itu merupakan bagian dari upaya "melawan kejahatan pemecahbelahan, subversi, terorisme" dan "mengkonsolidasikan posisi partai yang berkuasa, serta membela rezim sosialis".

Lebih dari 75 persen pengadilan untuk tersangka yang didakwa tahun 2012 terjadi di wilayah yang secara etnis terbelah, yaitu Xinjiang, yang merupakan rumah bagi minoritas Uighur yang mayoritas Muslim, kata kelompok itu.

China mengatakan, etnis minoritas merasakan manfaat dari kebijakan istimewa dan memastikan kebebasan berbicara dan keyakinan agama. Namun kelompok-kelompok hak asasi menuduh pihak berwenang melakukan penindasan budaya dan eksploitasi ekonomi.

Sejumlah wilayah etnis minoritas Tibet dan Xinjiang secara teratur dilanda kerusuhan dalam beberapa tahun terakhir. Lebih dari 120 warga Tibet diperkirakan telah membakar diri sejak tahun 2009 sebagai protes atas kebijakan China di wilayah tersebut. Sementara wilayah Xinjiang mengalami beberapa bentrokan, yang melibatkan polisi dan penduduk lokal, pada tahun ini. Seragkaian bentrokan itu telah menewaskan puluhan orang.

Xinjiang mengalami 190 insiden "teroris" tahun 2012, menurut majalah Outlook yang dikelola negara.

China menyalahkan separatis Uighur atas serangan di Lapangan Tiananmen, Beijing bulan lalu yang menewaskan dua wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com