Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris: Kami Tak Akan Biarkan Israel Sekalipun Menentang Kesepakatan soal Nuklir Iran

Kompas.com - 27/11/2013, 08:53 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Reuters,AP
LONDON, KOMPAS.com - Israel diminta menghindari tindakan apa pun yang akan merusak perjanjian nuklir yang dicapai Iran dan kekuatan dunia.

"Kami akan mencegah siapa pun di dunia, termasuk Israel, dari mengambil langkah-langkah yang akan merusak perjanjian ini dan kami akan membuatnya menjadi sangat jelas bagi semua pihak," kata Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague, di depan parlemen, Senin (25/11/2013).

Hague menyatakan hal itu saat melaporkan perkembangan pembicaraan nuklir tersebut di Geneva, Swiss. Ia pun mengatakan tak ada tanda-tanda ada negara yang berupaya menentang perjanjian itu. Meski demikian ia mengatakan Inggris akan tetap mewaspadai kemungkinan penentangan itu.

Dari Teheran, Selasa (26/11/2013), Presiden Iran Hassan Rohani mengatakan Israel telah mengisolasi dirinya sendiri dengan berupaya menentang perjanjian Iran yang dimotori kelompok negara P5+1, yakni Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Rusia, China, dan Jerman.

Perdana Menteri Israel dalam beberapa kesempatan terus menyuarakan penentangan terhadap pembicaraan internasional soal nuklir Iran. Dia mengatakan setiap kesepakatan dengan Iran adalah "kesalahan sejarah".

Kesepakatan soal nuklir diambil setelah melewati pembicaraan selama enam bulan, Minggu (24/11/2013). Rohani menyebut kesepakatan itu merupakan hasil dari perjalanan panjang, sekaligus mengingatkan bahwa jalan yang sama panjang juga masih menghadang untuk kesepakatan akhir soal program nuklir itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters,AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com