Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Militer AS Lintasi Zona Pertahanan Udara China

Kompas.com - 27/11/2013, 08:13 WIB
Pejabat Departemen Pertahanan AS mengatakan, AS telah menerbangkan dua pesawat militer di atas wilayah sengketa Laut China Selatan tanpa memberitahu China.

Amerika mengatakan pihaknya telah menerbangkan dua pesawat militer di atas wilayah sengketa di Laut China Selatan tanpa memberitahu China, tantangan langsung pertama terhadap upaya China untuk menciptakan zona pemberitahuan pertahanan udara.

Pejabat-pejabat di Pentagon, Selasa (26/11), mengatakan dua pesawat pembom B-52 ikut serta dalam latihan reguler di atas kepulauan yang disengketakan itu hari Senin. Belum ada reaksi langsung dari China.

Langkah itu menyusul pengumuman Amerika sebelumnya bahwa pesawat militernya tidak akan mengidentifikasi dirinya sesuai aturan baru China tersebut.

Amerika dan Jepang bertekad untuk tidak mengakui zona identifikasi pertahanan udara di mana China menghendaki seluruh pesawat militer dan sipil untuk mengidentifikasi diri mereka dan mematuhi aturannya.

Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera, Selasa (26/11), mengatakan Jepang bekerjasama erat dengan Amerika dan akan mengambil seluruh langkah yang diperlukan untuk melindungi wilayah Jepang.

Meskipun pejabat-pejabat Amerika dan Jepang mengutuk langkah China itu sebagai provokasi, mereka menekankan langkah itu tidak akan menimbulkan dampak pada bagaimana kerja mereka di wilayah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com