Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Iran: Tolak Kesepakatan Nuklir Iran, Israel Terisolasi

Kompas.com - 27/11/2013, 04:43 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP
TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Hassan Rohani mengatakan, Israel telah menempatkan dirinya sendiri sebagai negara terisolasi setelah ada kesepakatan internasional soal program nuklir Iran.

Dalam sebuah wawancara dengan televisi negara Iran, Selasa (26/11/2013), Rohani mengatakan, beberapa negara telah berupaya mengisolasi Iran tapi justru yang terjadi adalah sebaliknya. "Sekarang, musuh kita terisolasi."

Rohani memang tak menyebutkan Israel sebagai negara yang dia maksud. Alih-alih, dia menggunakan frasa "rezim tak sah" yang umum digunakan sebagai penggambaran Israel yang terus memusuhi Iran.

Israel telah berulang kali mengkritik kesepakatan internasional soal program nuklir Iran yang dimotori kelompok P5+1, yakni Amerika Serikat, Inggris, Perancis, China, Rusia, dan Jerman. Israel menyebut kesepakatan tersebut sebagai "kesalahan sejarah".

Melewati negosiasi selama enam bulan tiada henti, termasuk izin bagi pengawas PBB memeriksa instalasi nuklir Iran, kesepakatan dicapai Minggu (24/11/2013). Meski demikian, di dalam negerinya sendiri, Rohani masih harus berhadapan dengan kalangan yang skeptis menyikapi kesepakatan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com