Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Masjid Istiqlal Dipamerkan di Yunani

Kompas.com - 27/11/2013, 01:17 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber ANT
LONDON, KOMPAS.com — Sebanyak 51 foto dari berbagai negara dipajang dalam pameran fotografi bertajuk "Till the Edge of the World" yang diadakan di Pusat Kebudayaan kota Lamia, Yunani. Satu di antaranya adalah foto berjudul "Istiqlal Mosque" atau Masjid Istiqlal Jakarta

Ada delapan foto dari Indonesia. "Pameran ini merupakan kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Athena bekerja sama dengan Wali Kota Lamia," kata Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Athena Jani Sasanti kepada Antara London, Selasa (26/11/2013).

Foto-foto ini merupakan karya fotografer terkenal Yunani, Athanasios Maloukos. Seluruhnya diambil dalam perjalanan Maloukos ke negara-negara Asia dan Afrika. Selain dari Indonesia, foto lain diambil di India, Papua Niugini, Etiopia, China, Haiti, Sri Lanka, Vietnam, Mali, Haiti, Burkina Faso, Malaysia, dan Pantai Gading.

Puluhan foto ini dipamerkan selama sebulan hingga 20 Desember 2013. Profil yang mewakili negara-negara tersebut ditampilkan. Termasuk di antara deretan foto yang dipamerkan adalah gambar yang mendapatkan penghargaan Master's Cup Competition The International Award Honoring Color Photography dan International Photography Award (IPA).

Foto Masjid Istiqlal karya Maloukos juga adalah penerima penghargaan "An Honorable Mention at the International Photography Awards". Foto lain dari Indonesia berjudul Irian Jaya (Motherhood), Kecak Dance, Ijen Miner, Kebo-keboan, Ludruk, Mentawai, dan Jatilan Dance.

Pameran dibuka bersama oleh Wali Kota Lamia, Gubernur Yunani Tengah, Senator dari Prefecture Fthiotis, dan Duta Besar RI untuk Yunani Benny Bahanadewa. "Pameran fotografi disukai secara luas, tidak saja di masyarakat setempat juga kalangan pejabat tinggi dan tokoh masyarakat setempat," kata Benny.

Menurut Benny, pameran fotografi juga punya nilai promosi yang efektif, menggambarkan kehidupan sosial, budaya, dan pariwisata kepada masyarakat setempat. Melalui fotografi, ujar dia, masyarakat setempat dapat melihat Indonesia dari perspektif yang berbeda. Apalagi foto yang dipamerkan merupakan karya fotografer setempat.

Lamia merupakan salah satu kota penting dan terbesar di Yunani dengan penduduk yang terkenal sangat menghargai seni. Menurut kutipan laporan portal situs web Lamia Report, pameran fotografi ini merupakan sebuah laporan pluralistik, menggambarkan negara-negara yang terletak jauh dari Yunani. Harapannya, masyarakat setempat akan merasa lebih dekat dan bersahabat dengan negara-negara yang fotonya dipamerkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANT
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com