Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus dan Presiden Rusia Bahas Timteng di Vatikan

Kompas.com - 26/11/2013, 15:35 WIB
VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus untuk pertama kalinya melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam pertemuan di Vatikan itu, keduanya membahas berbagai hal terutama masalah Timur Tengah dan berbagai problem yang dihadapi umat Kristiani.

Namun, dalam pembicaraan selama 35 menit itu, keduanya tidak membahas atau menyentuh masalah ketegangan hubungan antara Vatikan dan Gereja Orthodox.

Presiden Putin, yang pernah bertemu dengan Paus Benediktus dan Paus Yohanes Paulus II, terlambat tiba di Vatikan hingga selama 45 menit karena masalah transportasi.

Hubungan antara Gereja Katolik dan Rusia sudah lama kurang mesra karena Rusia, yang mayoritas penduduknya memeluk Kristen Orthodox, menuduh Vatikan berupaya untuk merebut umat Orthodox. Tuduhan ini dibantah Vatikan.

Dalam pertemuan itu, Presiden Putin menyampaikan salam dari pemimpin Gereja Orthodox Rusia, Patriarch Kirill untuk Paus Fransiskus.

"Namun, mereka tidak membicarakan masalah gereja," ujar juru bicara Vatikan, Federico Lombardi.

"Tak disinggung juga soal kemungkinan Paus Fransiskus mengunjungi Rusia," tambah Lombardi.

Sejak memulai masa jabatan enam tahunnya yang baru pada Mei 2012, Putin merangkul Gereja Othodox sebagai sebuah otorita moral dan terkait pengaruhnya sebagai sumber dukungan politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com