Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekerasan terhadap Perempuan Mempermalukan Brasil

Kompas.com - 26/11/2013, 14:16 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Presiden Brasil Dilma Rousseff dalam kampanye Hari Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan, kemarin, mengajak warganya memberantas kekerasan terhadap perempuan. "Kekerasan terhadap perempuan mempermalukan Brasil," kata presiden perempuan pertama Negeri Samba itu dalam kicauannya di media sosial.
Sebagaimana warta AP  pada Selasa (26/11/2013), Dilma Rousseff juga menegaskan kalau memberantas kekerasan seperti itu sama artinya dengan menegakkan kesetaraan gender di Brasil. Maka dari itulah, pemerintah Brasil menghelat banyak program untuk mengikis habis kekerasan terhadap perempuan.

Dilma Rousseff mengatakan rumah-rumah singgah untuk perempuan Rumah-rumah Perempuan bakal makin diperbanyak di berbagai wilayah Brasil. Di dalam rumah singgah, pemerintah menyiapkan polisi khusus yang menangani kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan. Ada juga tenaga psikolog yang memberikan bantuan. Tak cuma itu, rumah singgah juga menyiapkan pekerjaan dan penempatan pekerja.

Sejauh ini, Brasil memunyai undang-undang perlindungan perempuan. Undang-undang itu bernama Undang-undang Maria da Penha. Nama undang-undang itu terinspirasi dari kasus kekerasan yang menimpa seorang perempuan bernama Maria da Penha. Kasus kekerasan tersebut menjadi pembicaraan meluas di seluruh Brasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com