Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perundingan Damai Suriah Digelar Januari Tahun Depan

Kompas.com - 25/11/2013, 19:34 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Senin (25/11/2013), mengatakan, babak baru perundingan damai Suriah akan dimulai di Geneva, Swiss, pada 22 Januari 2014.

Jadwal perundingan ini diumumkan setelah pertemuan utusan khusus Liga Arab dan PBB untuk Suriah, Lakhdar Brahimi, dan para diplomat senior Amerika Serikat dan Rusia di Geneva.

Ban menambahkan tidak akan bisa dimaafkan jika tidak kesempatan itu tidak digunakan untuk mengakhiri penderitaan di Suriah.

Untuk pertama kalinya perwakilan Pemerintah Suriah dan kelompok perlawanan akan bertemu sejak pecahnya konflik awal 2011 lalu.

Dalam pertemuan tersebut, PBB mengharapkan agar kedua belah pihak menerapkan deklarasi yang dicapai dalam pertemuan negara-negara besar dunia pada Juni 2012 yang menyerukan pembentukan pemerintahan transisi.

Namun, pernyataan PBB tidak menyebutkan apakah Iran, yang merupakan pendukung Presiden Suriah, Bashar al-Assad, akan mengakhiri pertemuan itu atau tidak.

Selama beberapa bulan belakangan, Rusia dan Amerika Serikat berupaya untuk menindaklanjuti konferensi internasional Suriah di Geneva Juni tahun lalu.

Dalam pernyataannya, Ban juga memuji upaya kedua negara itu dan Lakhdar Brahimi dalam mengupayakan pertemuan yang sudahKlik ditunda beberapa kali.

Kubu oposisi Suriah sebelumnya menegaskan Presiden al-Assad harus lebih dulu mengundurkan diri sebelum perundingan dimulai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com