Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Suriah Selamat dari Pembunuhan

Kompas.com - 24/11/2013, 16:49 WIB


BEIRUT, KOMPAS.com
- Seorang menteri pemerintah Suriah selamat dari satu serangan terhadap mobilnya, Sabtu (23/11/2013) tetapi sopirnya tewas, kata media.

Stasiun televisi El Ikhbariya mengatakan, mobil Ali Haidar, menteri urusan rekonsiliasi nasional, jadi sasaran serangan ketika mobilnya melewati satu jalan raya di Provinsi Tartus. Televisi itu tidak merinci lebih jau mengenai bagaimana serangan itu terjadi.

Haidar adalah bagian dari pemerintah Bashar disebut "oposisi patriotik" - kelompok-kelompok politik yang menganggap diri mereka saingan Partai Baath yang memerintah yang dipimpin presiden itu tetapi tidak mendukung pemberontakan 30 bulan terhadap pemerintahnya.

Tetapi mereka yang ikut dalam pemberontakan itu menganggap para tokoh seperti Haidar adalah antek-antek pemerintah yang digunakan untuk menghancurkan para tokoh oposisi yang mendukung pemberontakan terhadap kekuasaan 40 tahun keluarga Assad.

Haidar adalah salah satu dari para pemimpin "oposisi patriotik" yang memegang jabatan pemerintah.

Satu sumber pemerintah mengatakan, Haidar tidak berada dalam kendaraan itu pada saat serangan tersebut, tetapi tidak mengatakan di mana menteri itu berada.

Pembunuhan dan penculikan menjadi hal yang biasa yang terus meningkat sejak pemberontakan itu dimulai Merat 2011. Pemberontakan itu dimulai dengan protes rakyat dan meningkat menjadi perang saudara yang telah menewaskan lebih dari 100.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com