Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pelaku Pengeboman Kedubes Iran di Beirut Teridentifikasi

Kompas.com - 24/11/2013, 02:14 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com - Salah seorang tersangka pelaku bom bunuh diri di luar kedutaan besar Iran di Beirut, Lebanon, terungkap lewat tes DNA dari ayah tersangka.

Ayah salah seorang tersangka ini mendatangi aparat keamanan Lebanon, setelah angkatan darat mempublikasikan foto dua orang tersangka pelaku pengeboman.

"Setelah foto salah seorang tersangka disebar pada Kamis lalu, seorang pria, Adnan Abu Dahr datang ke direktorat intelijen dan mengklaim putranyalah yang ada di dalam foto itu," demikian pernyataan angkatan darat Lebanon.

"Sampel DNA pria ini diambil untuk dilakukan tes," lanjut angkatan darat sambil menambahkan ayah tersangka akan menjalani pemerikaan.

Tersangka pengeboman, Mouin Abu Dahr, diidentifikasi dengan membandingkan DNA ayahnya dengan DNA yang diambil dari serpihan bagian tubuh manusia yang ditemukan di lokasi ledakan.

Seorang sumber mengatakan tersangka berasal dari kota Sidon di wilayah selatan Lebanon yang sebagian besar penduduknya adalah Muslim Sunni.

Media Lebanon selama beberapa hari terakhir melaporkan kaitan antara kedua tersangka dengan insiden ledakan di luar kedubes Iran di wilayah selatan Beirut yang juga adalah basis kelompok Hezbollah.

Kelompok militan yang terkait Al-Qaeda, Brigade Abdullah Azzam mengklaim menjadi dalang serangan bom itu dan mengancam akan melakukan serangan lagi jika Iran tak menghentikan keterlibatannya dalam konflik Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters,
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com