Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Korban Tewas Supertopan Haiyan 5.200 Orang

Kompas.com - 22/11/2013, 19:03 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Data termutakhir Pemerintah Filipina menyebutkan jumlah korban tewas supertopan Haiyan menjadi 5.200 orang. Supertopan itu menghantam Filipina pada Jumat (8/11/2013). Adalah Menteri Dalam Negeri Filipina Mar Roxas yang mengatakan hal itu di Cebu.
Data itu juga menunjukkan kalau 1.600 orang masih dinyatakan hilang. Sementara itu, Pemerintah Filipina bersama negara-negara yang memberikan pertolongan terus membenahi dampak kerusakan supertopan bernama lokal Yolanda itu.

Roxas, sebagaimana warta AFP,  mengatakan bahwa pemerintah sudah menangkap kembali para tahanan yang kabur dari penjara, khususnya di kawasan Visayas Timur. Pemerintah juga sudah mulai membersihkan jalan-jalan dari reruntuhan bangunan. Di samping itu, pemerintah juga sudah membuat kuburan-kuburan massal untuk mengebumikan para korban tewas.

Roxas mengatakan, bencana alam supertopan Haiyan membuat Filipina untuk kali ketiga melewati Natal dengan suasana dukacita. Sebelumnya, topan Washi atau dengan nama lokal Sendong, Bopha, atau Pablo menghantam Filipina menjelang Natal 2011 dan 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com