Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ups.. Pesawat Kargo Salah Mendarat di Kansas

Kompas.com - 22/11/2013, 08:37 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

KANSAS, KOMPAS.com — Sebuah percakapan aneh terjadi di sebuah bandara di Kansas, Amerika Serikat, Rabu (20/11/2013). Tak dinyana, ternyata pilot pesawat kargo yang mengangkut suku cadang tipe lain pesawat Boeing ini salah mendaratkan si burung besi.

Pilot Boeing 747 tersebut terlihat bingung setelah mendaratkan pesawatnya. Ketika dia diberi tahu bahwa dia mendarat di bandara yang berjarak 14 kilometer dari tujuan pendaratan yang seharusnya, pernyataan aneh pun terucap darinya. "Eh, ya Pak, kami baru saja mendarat di bandara lainnya."

Pesawat kargo tanpa penumpang ini seharusnya mendarat Rabu malam di Pangkalan Udara McConnell di Kansas. Di dalam kabinnya, terangkut suku cadang untuk Boeing 787 Dreamliner untuk perusahaan yang berada di dekat pangkalan itu.

Mengaku dibingungkan oleh beragam percakapan di radio dan kesulitan membaca ulang catatannya sendiri, pilot pesawat kargo ini justru mendaratkan Boeing 747 ke Bandara Kolonel James Jabara Airport. Pesawat akhirnya mengudara kembali ke tujuan seharusnya, yang hanya butuh beberapa menit untuk sampai, Kamis (21/11/2013) pagi.

Kawasan yang menjadi tujuan penerbangan memang memiliki tiga bandara dengan konfigurasi mirip. Ketiga bandara itu adalah Pangkalan Udara McConnell milik Angkatan Utara Amerika, bandara Jabara, dan lapangan udara yang dikenal sebagai Beech Airport. Lokasi bandara Jabara berada pada jalur yang sama menuju pangkalan udara militer McConnell.

Meski kondisi itu menjelaskan kebingungan pilot dan kesalahan pendaratan tersebut, selama ini belum pernah terjadi kesalahan pendaratan semacam ini, walaupun kebingungan sudah menjadi hal yang sering terjadi.

"Setidaknya dalam satu atau dua bulan sekali, ada pilot yang hampir salah mendarat di Pangkalan Udara McConnell," kata Brent Spencer, mantan pengendali lalu lintas udara di Wichita yang kini menjadi asisten profesor di Embry-Riddle Aeronautical University.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com