Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Sudah, Rupert Murdoch Bercerai dengan Istri Ketiganya

Kompas.com - 21/11/2013, 08:14 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
NEW YORK, KOMPAS.com — Raja media, Rupert Murdoch (82) dan istri ketiganya, Wendi Deng (40), mengumumkan kesepakatan perceraian damai, di New York, Rabu (20/11/2013).  Pernyataan disampaikan setelah keduanya menghadiri persidangan singkat yang dipimpin hakim New York, Ellen Gesmer.

Pasangan ini menikah pada 1999 dan memiliki dua anak. Selama persidangan yang hanya berlangsung selama 10 menit, mereka berdua tak mengeluarkan pernyataan apa pun. Rincian dari kesepakatan juga tak diungkap dalam persidangan.

"Kami sangat senang mengumumkan bahwa kami telah mencapai penyelesaian damai dari segala hal yang berkaitan dengan perceraian kami," kata pernyataan itu. "Dengan saling menghormati serta demi kepentingan bersama untuk kesehatan dan kebahagiaan dua anak perempuan kami."

Kesepakatan akan efektif berlaku dengan tenggat waktu 60 hari setelah persidangan. "Saya senang Anda sudah bisa menyelesaikan masalah ini secara damai," kata hakim Gesmer dalam persidangan, seperti dikutip dari media lokal. "Semoga kalian berdua beruntung."

Murdoch mengajukan gugatan cerai pada Juni 2013. Dia mengatakan, pernikahannya dengan Deng sudah rusak. Pasangan ini memiliki dua anak perempuan yakni Rahmat Helen (12) dan Chloe (10).

Menurut media setempat, Deng tetap akan menempati sebuah apartemen mewah di 5th Avenue di New York seharga 44 juta dollar AS. Sebuah perjanjian pra-nikah telah dibuat saat pasangan ini menikah sehingga memastikan kerajaan media Murdoch tak akan terpengaruh perceraian.

Perusahaan media Murdoch yang berbasis di Australia dan Amerika terbagi menjadi dua pada Juni 2013. News Corp menaungi media berbasis cetak, sementara Century Fox 21 memayungi televisi dan bioskop.

Deng dan dua anak perempuannya hasil pernikahan dengan Murdoch tidak memiliki suara dalam perusahaan media sang bapak, berbeda dengan empat anak Murdoch dari pernikahannya yang lain.

Majalah Forbes memperkirakan kekayaan total Murdoch mencapai 13,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 150 triliun. Deretan media yang masuk kerajaan Murdoch antara lain The Wall Street Journal, The New York Post, The Times, dan The Sun.

Deng bertemu Murdoch saat bekerja di perusahaan televisi di Hongkong, dengan gambaran sebagai pekerja yang mumpuni di bidang jaringan menurut para mantan rekan kerjanya.
Dia meninggalkan China pada usia 19 tahun untuk belajar di Amerika Serikat, dan menamatkan sekolah di Yale School of Management pada 1996.

Tahun lalu nama Deng mencuat setelah dia melompat dari kursi dan menyerang pengunjuk rasa yang memukul Murdoch. Insiden terjadi saat Murdoch memberikan kesaksian di depan komite parlemen Inggris untuk tuduhan peretasan layanan pesan singkat oleh jejaring media News yang tercakup dalam kerajaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com