Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Dikecam, China Akhirnya Kirim Tim Medis ke Filipina

Kompas.com - 20/11/2013, 19:50 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Pemerintah China, Rabu (20/11/2013), akhirnya mengirim tim medis dan penyelamat ke Filipina menyusul kecaman pedas bahwa negeri itu tidak berbuat cukup untuk membantu korban bencana topan Haiyan.

Tim medis dan tim penyelamat China sudah siap diberangkatkan selama beberapa hari terakhir, tetapi baru mendapat izin Manila untuk terbang ke Filipina hari ini.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei mengatakan rombongan pertama tim medis Palang Merah diterbangkan hari ini juga dan rombongan tambahan akan dikirim "dalam beberapa hari mendatang".

Dalam pernyataannya, Hong mengatakan bahwa China "siap mengirim regu penolong ke daerah-daerah yang mengalami bencana untuk memberikan bantuan medis kemanusiaan dengan semangat menyembuhkan mereka yang luka dan menyelamatkan mereka yang sekarat".

Namun Hong tidak menyebut jumlah personel tim yang dikirim. Ia menambahkan kapal Angkatan Laut yang berfungsi sebagai rumah sakit dengan kapasitas 300 tempat tidur juga akan berlayar menuju Filipina "secepat mungkin".

Semula China hanya menawarkan 100.000 dolar AS, jauh lebih kecil dibanding jumlah dana yang ditawarkan oleh negara-negara lain untuk Filipina setelah terjadi Topan Haiyan. Media-media China menyebut tawaran bantuan itu kejam dan kurang bijak.

Beberapa pengamat mengatakan sengketa wilayah laut antara China dan Filipina merupakan alasan mengapa negeri itu semula enggan menawarkan bantuan lebih besar untuk "seterunya" yang sedang ditimpa musibah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com