Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Klaim Rudal David's Sling Lolos Uji Coba Kedua

Kompas.com - 20/11/2013, 15:03 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.COM - Sistem persenjataan pencegat baru Israel yang dikembangkan bersama Amerika Serikat untuk melawan rudal yang dimiliki Suriah dan gerilyawan Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon telah lolos uji kedua pada Rabu, kata sejumlah pejabat.

David's Sling (atau Katapel Daut), yang sejumlah pejabat Israel katakan siap untuk dikerahkan tahun depan setelah segera produksi, dirancang untuk menembak jatuh rudal dengan jangkauan 100 km dan 200 km. Rudal tersebut akan mengisi ruang kosong atara pencegat rudal jarak pendek Iron Dome dan pencegat rudal balistik Arrow, keduanya sudah operasional, demi membentuk perisai multi-tingkat yang Israel sedang kembangan dengan bantuan Washington. Tujuan akhirnya adalah untuk membentuk benteng melawan Iran dan sekutunya di perbatasan Israel.

Uji coba terbaru itu terjadi saat Israel terus melancarkan ancaman untuk menyerang Iran jika negara itu menolak tekanan internasional menutup proyek nuklirnya yang memungkinnya membuat bom nuklir. Iran, yang mengatakan program nuklirnya untuk tujuan damai, melakukan pembicaraan dengan negara-negara kuat dunia di Jenewa pada Rabu .

Kementerian Pertahanan Israel mengatakan, David's Sling menjatuhkan "rudal balistik jarak pendek" dalam uji coba pada pagi hari di Israel selatan. "Keberhasilan uji coba itu merupakan tonggak utama dalam pengembangan Sistem Senja Katapel Daut dan memberikan kepercayaan pada kemampuan Israel di masa depan untuk mengalahkan ancaman rudal balistik yang terus berkembang," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Rudal pencegat itu menjalani uji coba operasional pertama tahun lalu. David's Sling yang juga disebut Magic Wand sedang diproduksi secara bersama oleh BUMN Israel Rafael Advanced Defence Systems Ltd  dan perusahaan AS Raytheon Co. Rafael juga memproduksi Iron Dome, yang banyak didukung secara finansial oleh Kongres AS. Israel dan Amerika Serikat mengatakan Iron Dome telah menjatuhkan sekitar 85 persen roket Palestina yang ditembakkan ke kota-kota Israel selama perang Gaza tahun lalu.

Seperti Iron Dome dan Arrow, David's Sling telah menarik minat dari calon klien asing, terutama karena rudal pencegat itu juga dikatakan mampu mencegat rudal jelajah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com