Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militan Al-Shaabab Serang Kantor Polisi Somalia, 16 Tewas

Kompas.com - 19/11/2013, 21:34 WIB
MOGADISHU, KOMPAS.com - Sedikitnya 16 orang tewas ketika kelompok militan Al-Shaabab menyerang sebuah kantor polisi di kota Beledweyne, Somalia, Selasa (19/11/2013).

Serangan itu diawali dengan bom mobil bunuh diri yang menghancurkan kantor polisi itu sebelum pasukan komando Al-Shaabab menyerbu dan menghujani kantor polisi itu dengan peluru.

"Kami memastikan 16 orang tewas termasuk tentara dan warga sipil. Beberapa lainnya cedera," kata perwira angkatan darat Somalia, Abdi Mohamed Ali yang menambahkan empat anggota Al-Shaabab juga tewas.

Namun, kelompok Al-Shabab mengklaim korban tewas mencapai 20 orang termasuk pasukan Djibouti dan Etiopia yang tergabung dalam pasukan Uni Afrika yang sedang berada di dalam gedung itu.

"Beberapa anggota komando Mujahidin kami melakukan serangan ke basis militer di Beledweyne dan berhasil membunuh banyak musuh," kata komandan lokal Al-Shaabab, Mohamed Abu Suleiman.

Juru bicara Al-Shaabab Abdulaziz Abu Musab menyebut pasukannya berhasil menewaskan sebagian besar tentara Somalia namun juga beberapa prajurit Djibouti.

"Serangan ini adalah sebuah kemenangan," ujar Abu Musab.

Sementara itu, di ibu kota Mogadishu, Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud mengecam serangan maut itu.

"Al-Shaabab ingin meneror rakyat, di saat pemerintah mencoba membawa perdamaian dan stabilitas di Somalia," demikian Presiden Mohamud dalam pernyataan resminya.

Sedangkan PM Abdi Farah Shirdon menyebut Al-Shaabab adalah musuh perdamaian yang tak menawarkan apapun kecuali kekerasan dan penderitaan untuk rakyat Somalia.

Kecaman juga datang dari perwakilan khusus Uni Afrika untuk Somalia Mahamat Saleh Annadif. Namun, dia tidak bersedia mengomentari soal kemungkinan korban di pihak Uni Afrika.

Bulan lalu, seorang pelaku bom bunuh diri beraksi di sebuah restoran populer di kota yang berada di perbatasan dengan Etiopia dan di bawah kendali pasukan pemerintah Somalia. Serangan itu menewaskan 15 orang.

Al-Shaabab mengancam terus akan melakukan aksi pengeboman di kota Beledweyne dan akan terus mengincar pasukan Etiopia dan militer lain yang tergabung dalam pasukan Uni Eropa.

Beledweyne terletak sekitar 300 kilometer sebelah utara ibu kota Mogadishu. Pasukan Uni Afrika berkekuatan 17.000 personel berhasil memukul mundur Al-Shaabab dari beberapa kota besar seperti Mogadishu dan kota pelabuhan Kismayo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com