Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedubes Iran di Lebanon Diguncang Dua Ledakan, 7 Tewas

Kompas.com - 19/11/2013, 16:08 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com — Dua ledakan besar yang terjadi di luar Kedutaan Besar Iran di ibu kota Lebanon, Beirut, Selasa (19/11/2013), menewaskan sedikitnya tujuh orang dan menghancurkan bangunan kedutaan besar.

Sejauh ini belum diperoleh informasi apakah Duta Besar Iran atau staf diplomatik lainnya ada di antara para korban tewas. Hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh pernyataan resmi dari pihak kedutaan besar.

Tayangan langsung di salah satu stasiun televisi lokal menampilkan beberapa jasad bergelimpangan di jalan, sementara api menjilat sejumlah bangkai kendaraan.

Petugas kesehatan dan warga setempat terlihat membawa beberapa jasad korban yang dibungkus selimut.

Belum diperoleh informasi juga soal penyebab ledakan. Namun, seorang sumber aparat keamanan mengatakan, ledakan disebabkan tembakan dua roket di kawasan itu. Namun, aparat keamanan lain mengatakan bahwa ledakan disebabkan bom mobil.

Lebanon beberapa kali diserang ledakan dan dibekap kerusuhan jalanan, terutama di Beirut dan Tripoli, terkait konflik bersenjata di negeri tetangga Suriah yang sudah berlangsung 2,5 tahun.

Sejauh ini belum ada satu kelompok pun yang menyatakan bertanggung jawab atas ledakan itu. Namun, pemberontak Suriah berulang kali mengancam akan menyerang sekutu Presiden Bashar al-Assad di Lebanon.

Wilayah selatan Beirut, lokasi Kedubes Iran, dikenal sebagai basis kelompok Hezbollah dan sudah tiga kali diserang bom sepanjang tahun ini.

Semua serangan itu ditudingkan ke kelompok pemberontak Suriah yang ingin membalas keterlibatan Hezbollah yang membantu pasukan rezim Bashar al-Assad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com