Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan ke Filipina Sudah Makin Merata ke Pelosok

Kompas.com - 19/11/2013, 11:31 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Bantuan logistik untuk para korban supertopan Haiyan di Filipina sudah makin merata ke berbagai pelosok. Haiyan atau yang dikenal dengan nama lokal, Yolanda, meluluhlantakkan kawasan di Pulau Leyte sejak 8 November silam, tulis Xinhuapada Selasa (19/11/2013). Catatan terkini otoritas Filipina menunjukkan sedikitnya ada 4.000 korban tewas. Sementara itu, jumlah orang yang dinyatakan hilang mencapai 1.600 orang.

Kemudian, di Tacloban, kota terbesar di Leyte, yang paling parah diempas Haiyan, tenda-tenda pengungsian sudah makin banyak didirikan. "Tenda-tenda ini menjadi tempat penampungan sementara para korban hidup,"kata otoritas pemerintah Tacloban.

Lalu, masih menurut catatan otoritas pemerintah Tacloban, kerusakan infrastruktur jalan dan bandara membuat pasokan logistik menuju kota itu terhambat. Sampai kini, donasi asing untuk bantuan pemulihan Filipina mencapai 270 juta dollar AS.

Pada Senin kemarin, sesi pertama kiriman bantuan dari China tiba di Cebu. Mayoritas bantuan tersebut adalah tenda dan selimut. Pesawat kargo China Eastern Airlienes mengangkut bantuan-bantuan itu. Bantuan tersebut pun sudah diserahkan kepada pemerintah Filipina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com