Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengadilan Rusia Bebaskan Seorang Aktivis Greenpeace

Kompas.com - 18/11/2013, 23:05 WIB
ST PETERSBURG, KOMPAS.com — Pengadilan kota St Petersburg, Rusia, Senin (18/11/2013), membebaskan dengan jaminan salah satu kru kapal Greenpeace yang ditahan setelah melakukan aksi protes di anjungan pengeboran minyak di Laut Artik.

Yekaterina Zaspa, seorang dokter Rusia yang bekerja di kapal Arctic Sunrise, dibebaskan dengan uang jaminan sebesar 61.400 dollar AS atau sekitar Rp 705 juta. Demikian Greenpeace mengutip keputusan pengadilan Kalininsky, St Petersburg.

Zaspa menjadi aktivis Greenpeace pertama yang dibebaskan dari 30 aktivis yang ditahan aparat Rusia pada September lalu.

Dalam sidang sebelumnya, pengadilan lain di St Petersburg memperpanjang masa penahanan aktivis Greenpeace asal Rusia, Colin Russell, hingga 24 Februari 2014. Artinya, Russell akan tetap berada di dalam tahanan hingga Olimpiade Musim Dingin Sochi berakhir 23 Februari.

Kedua pengadilan ini dijadwalkan untuk memutuskan masa penahanan beberapa aktivis dan jurnalis yang ditahan. Namun, sejumlah sidang ditunda hingga beberapa hari ke depan.

Sebanyak 30 aktivis Greenpeace dari 18 negara menjalani masa tahanan pra-pengadilan sejak ditahan aparat keamanan Rusia pada September lalu seusai menggelar aksi protes di salah satu anjungan pengeboran minyak milik perusahaan Rusia Gazprom di Laut Artik.

Awalnya, mereka dijerat dakwaan pembajakan yang bisa menyeret para aktivis itu ke hukuman penjara maksimal 15 tahun penjara. Namun, kemudian dakwaan itu diubah menjadi tindakan holiganisme dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com