Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Vietnam Sudah Tewaskan 36 Orang

Kompas.com - 18/11/2013, 15:55 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Data termutakhir sampai dengan Senin (18/11/2013) menunjukkan banjir Vietnam sudah menewaskan 36 orang. Angka dari Badan Penanggulangan Bencana Alam Vietnam itu juga menunjukkan kalau 80.000 warga terpaksa mengungsi. Sementara itu, data dari Pusat Prakiraan Cuaca Vietnam menunjukkan kalau sejak Kamis (14/11/2013) sampai dengan Minggu (17/11/2013), topan Zoraida masih melanda Vietnam. Badai tropis itu membawa curah hujan rata-rata hingga 700 milimeter. "Hujan deras berkepanjangan terjadi khususnya di lima provinsi,"kata lembaga itu.

Provinsi Binh Dinh adalah yang terparah terlanda banjir. Di situ, 18 orang tewas. "Ada sembilan orang yang masih dinyatakan hilang," kata otoritas provinsi itu.

Kemudian, rata-rata ketinggian air bah mencapai tiga meter di atas normal. Air bah, bahkan menggenangi Kota Hoi An. Padahal, kota itu adalah peninggalan sejarah versi Unesco. Lantaran itu, ratusan turis asing terpaksa diungsikan dengan perahu-perahu kecil.

Data paling anyar itu juga menunjukkan kalau 242.000 rumah terendam banjir. Lalu, 3.000 hektare sawah padi dan sayuran luluh-lantak.

Menurut warta Xinhua, lalu, pada Senin ini, air bah sudah mulai surut. Banyak penduduk sudah mulai kembali ke rumah masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com