Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

San Francisco Disulap Jadi Gotham City untuk "Batkid"

Kompas.com - 17/11/2013, 06:00 WIB


Atas upaya masyarakat luas, kota San Francisco, AS, Sabtu (16/11/2013), berubah menjadi kota tempat beroperasinya tokoh kartun Batman, Gotham City.

Event ini digelar khusus untuk mewujudkan impian seorang anak berusia 5 tahun yang tengah berjuang melawan kanker. Anak tersebut dikenal dengan sebutan "Batkid".

Ribuan warga pada Sabtu (16/11/2013) berjejalan hendak melihat Miles Scott, yang didiagnosis menderita leukemia selama 18 bulan, yang berdandan ala tokoh komik pemberantas kejahatan Batman.

Hari yang diimpikan Miles Scott itu diorganisasi oleh Make-A-Wish Foundation.

Kepala Polisi San Francisco, Greg Suhr, memerintahkan salah seorang personelnya mengenakan jubah Batman guna membantu Scott menangkap musuh bebuyutan Batman, The Penguin.

Batkid yang mengendarai mobil Batman, Batmobile, dielu-elukan orang banyak di sepanjang jalan di kota San Francisco setelah berhasil menangkap musuh Batman lainnya, The Riddler, dan menyelamatkan gadis yang dalam kesulitan.

Aksi mewujudkan mimpi Miles Scott ini santer dibahas di media sosial dan memicu kerumunan besar warga pada hari event istimewa ini digelar. Orang-orang dari berbagai penjuru mengunggah dukungan mereka lewat Twitter untuk Miles yang sedang dalam masa penyembuhan leukemianya.

Patricia Wilson dari Make-A-Wish Foundation mengatakan, dirinya tidak pernah melihat sesuatu yang menjadi sangat santer di media sosial seperti ini. Lembaganya mendapatkan dukungan dari seluruh dunia.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga ikut memberikan dukungan. Dari Washington lewat situs berbagi pesan Vine Video, Obama memberikan pesan pribadinya kepada mereka yang berjuang melawan kanker dengan mengatakan "Maju terus Miles, Maju selamatkan Gotham".

Media di San Francisco, The Chronicle, menerbitkan edisi khusus untuk event ini, dengan mengganti nama media mereka menjadi Gotham City Chronicle dengan headline "Batkid Saves City!".

Kantor Kejaksaan Agung AS di kawasan Utara California juga ikut ambil bagian dalam event ini, dengan mengirimkan rilis pers yang mengumumkan Riddler dan Penguin telah didakwa atas kasus konspirasi dan penculikan.

"Dua penjahat ini terancam hukuman penjara dalam waktu lama berkat Batkid," demikian tulis rilis tersebut.

Miles juga menerima kunci kota dari Wali Kota San Francisco, Ed Lee, yang menobatkan Miles sebagai Wali Kota Yunior.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com