Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membaiknya Iran-AS Bisa Tuntaskan Sengketa Regional

Kompas.com - 17/11/2013, 03:46 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Sengketa regional Timur Tengah bakal tuntas dengan satu syarat. Menurut Penasihat Senior Dewan Agung Islam Irak Sayyed Mohsen Hakim, syarat dimaksud adalah membaiknya hubungan Iran dan AS. Hakim mengatakan hal itu sebagaimana warta IRNA-OANA pada Sabtu (16/11/2013). Menurutnya,  Iran sekarang dianggap sebagai negara kuat di Timur Tengah. "Makanya, kerja sama dengan AS akan efektif dalam menyelesaikan sengketa-sengketa regional,"kata Hakim.

Di masa lalu, upaya-upaya dilakukan untuk menyelesaikan perbedaan antara Iran dan AS tetapi gagal, menurut hematnya.

Sementara itu, Hakim menambahkan bahwa dalam situasi saat ini dan mengingat posisi Iran yang signifikan di kawasan Timur Tengah, tampaknya tidak ada halangan untuk penyesuaian Iran-AS.

Mengacu pada hubungan-hubungan antara Iran dan G5+1 sebagai bukti yang baik bagi stabilitas Iran, katanya tim negosiasi dan musuh-musuh Iran tidak memiliki pilihan lain selain untuk memanfaatkan kesempatan ini dan memperbaiki hubungan dengan Iran.

Mengenai peningkatan hubungan antara Irak dan Turki, ia mengatakan, keduanya adalah negara yang sangat penting di kawasan dan hubungan antara mereka sangat diperlukan untuk konsolidasi dan berakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com