Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tomasica Tweet Day" Ramaikan Twitter

Kompas.com - 16/11/2013, 05:47 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP
SARAJEVO, KOMPAS.com — Di Twitter tengah ramai pembicaraan tentang temuan kuburan massal Tomasica, Bosnia Herzegovina. Sampai saat ini, sudah 430 sisa kerangka jenazah teridentifikasi dari pemakaman itu. Hashtag #TomasicaTweetDay menjadi penghubung ratusan tweet tersebut.

Situs kuburan massal Tomasica ditemukan pada September 2012. Sejak awal penggalian dilakukan, para ahli memperkirakan setidaknya 300 jasad warga Muslim Bosnia dan Katolik Kroasia akan ditemukan di sana.

Namun ternyata, temuan di lokasi lebih mengejutkan. Areal seluas 5.000 meter persegi dengan kedalaman berkisar 10 meter itu diperkirakan menjadi kuburan massal terbesar dari perang Yugoslavia pada 1995.

Pengguna Twitter atas nama Anel Dzoko, Jumat (15/11/2013), menggulirkan "Tomasica Tweet Day". Dia mengundang orang-orang membahas temuan kuburan massal itu dan memberikan penghormatan kepada para korban kejahatan perang tersebut.

Ratusan orang pun menanggapi ajakan Dzoko. Jawaban tweet dan retweet pun bertebaran. Dzoko pun mengaku senang bahwa ajakannya ini mendapat sambutan pula dari Serbia, negara dari etnis para penjahat perang yang dituding sejak awal diniatkan untuk genosida.

Kuburan massal dari kamp Prijedor

Dari penelusuran Kompas.com, dari hashtag tersebut dapat dilihat beragam foto dari lokasi penggalian situs Tomasica. Jasad di situs ini diperkirakan adalah para korban pembantaian di kamp Prijedor, meski bukti juga memperlihatkan sebagian jasad diduga dieksekusi mati di lokasi tersebut.

Sebelum situs ini ditemukan, kuburan massal terbesar yang sudah ditemukan dari perang tersebut berada di Srebrenica. Diperkirakan, sisa jasad yang akan ditemukan di Tomasica masih akan bertambah, bisa jadi melampaui temuan 629 sisa jasad di kuburan massal di Srebrenica.

Dikutip dari AP, Kamis (31/10/2013), otoritas setempat mengatakan, situs di Tomasica ini terhubung dengan temuan pada 2003. Di lokasi berjarak 10 kilometer dari Tomasica yang ditemukan pada 2003 itu, ada 373 sisa jasad yang bisa dipisahkan.

Otoritas setempat berkeyakinan, pelaku pembunuhan massal memindahkan sebagian sisa jasad dari satu lokasi ke lokasi lain. Dalam beberapa kasus, ada temuan identifikasi untuk orang yang sama dari dua kuburan massal yang berbeda.

Petugas dari Institut Orang Hilang, Mujo Begic, menduga akan ada lebih banyak temuan di situs Tomasica. Para korban, ujar dia, adalah pria, wanita, dan anak-anak dari Bosnia dan Kroasia. "Jumlah mayat di sini menunjukkan kemungkinan kuburan massal terbesar yang ditemukan di Bosnia sejauh ini," ujar Begic.

"Kami juga menemukan beberapa dokumen identifikasi di kuburan. Jadi, kita bisa tahu siapa orang-orang ini," imbuh Begic. Lokasi Tomasica berdekatan dengan kota Prijedor, lokasi dari kamp konsentrasi ala Nazi Jerman yang didirikan Serbia pada saat itu.

Banyak orang diyakini tewas di satu dari tiga kamp konsentrasi di Prijedor itu. Otoritas setempat berharap 1.200 orang yang masih dinyatakan hilang akan ikut teridentifikasi dari kuburan Tomasica.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com