Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlian "Pink Star" Terjual Rp 962 Miliar

Kompas.com - 14/11/2013, 15:46 WIB

GENEVA, KOMPAS.com — Berlian yang dikenal dengan nama Pink Star terjual sebesar 83 juta dollar AS atau sekitar Rp 962 miliar pada sebuah lelang di Geneva, Swiss. Harga jual ini sekaligus memecahkan rekor untuk penjualan batu permata.

Berlian Pink Star ini berukuran 2,69 cm x 2,06 cm dan dipasangkan ke sebuah cincin. Harga 83 juta dollar AS ini sudah termasuk komisi untuk balai lelang Sotheby's.

Pink Star terjual kepada Isaac Wolf, seorang pengusaha berlian ternama dari New York. Dia menamai ulang berlian ini dengan nama Pink Dream.

Penjualan ini menjadi rekor baru karena mengalahkan rekor lelang sebelumnya sebesar 46,2 juta dollar AS untuk berlian Graff Pink tiga tahun lalu, yang memiliki ukuran setengah lebih kecil dari Pink Star.

Harga tanpa komisi sebesar 74 juta dollar AS dan sejumlah laporan menyebutkan bahwa ada keheningan yang cukup lama setelah penawaran ini dibuat.

"Tuan dan nyonya, 74 juta dollar AS adalah sebuah rekor baru dalam lelang berlian di dunia. Dan rekor itu ada di sini," kata David Bennett dari Sotheby's selagi mengetuk palu.

Sotheby's memainkan lagu tema film Pink Panther setelah pemenang lelang diumumkan.

"Ini berlian yang sangat langka," kata Bennett.

"Sangat, sangat jarang batu permata seperti ini muncul di balai lelang."

Berlian 59,6 karat berwarna merah muda ini sebelumnya dilelang dengan harga penawaran awal 60 juta dollar AS atau sekitar Rp 673 miliar. Sotheby's telah menjual perhiasan-perhiasan senilai hampir 200 juta dollar AS dalam lelang terbaru ini, nilai yang mencapai rekor tertinggi untuk sekali lelang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com