Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Iran Larang Polisi Tahan Perempuan Berbusana "Tak Pantas"

Kompas.com - 14/11/2013, 15:17 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Hassan Rohani dikabarkan telah melarang polisi syariah negeri itu menangkap perempuan yang dianggap berbusana tak pantas.

Keputusan Rohani untuk membatasi kekuasaan Gashte Ershad (Patroli Moral) merupakan pemenuhan janji kampanyenya untuk melonggarkan tata busana Islam yang selama ini dianut Iran.

Untuk mewujudkan perintahnya itu, Rohani meminta menteri dalam negeri untuk menyusun standar berbusana yang pantas. Sementara itu, kepala kepolisian Iran mengatakan, cara berpakaian sudah bukan wewenang kepolisian dan masalah itu ditangani "dewan sosial".

Pasukan Gashte Ershad dibentuk sebagai kerja sama 26 badan pemerintah, termasuk "polisi syariah". Di dalam unit ini juga terdapat para sukarelawan yang tidak begitu disukai di kalangan rakyat Iran kebanyakan.

Selama masa kampanye, Rohani menjanjikan bahwa para perempuan Iran akan dilindungi dari "pelecehan" dan akan menikmati "keamanan yang sesungguhnya".

Rohani juga mengecam tindakan keras yang kerap dilakukan Gashte Ershad. Rohani bahkan mengatakan, kesatuan itu tidak konstitusional dan "menimbulkan pertentangan dalam masyarakat dan menciptakan hasil negatif".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com