Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Terima Penolakan Arab Saudi di Dewan Keamanan

Kompas.com - 14/11/2013, 12:56 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — PBB resmi menerima penolakan Arab Saudi duduk di posisi anggota tidak tetap Dewan Keamanan. Adalah Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB Martin Nesirky yang mengatakan hal itu pada Rabu, kemarin. "Kami menerima secara resmi kebijakan yang diambil Pemerintah Kerajaan Arab Saudi," katanya sebagaimana warta AP  pada Kamis (14/11/2013). Arab Saudi yang terpilih untuk posisi tersebut selama dua tahun sejak 1 Januari 2014 memilih menolak posisi tersebut. Penolakan itu disampaikan pada 18 Oktober 2013.

Sementara itu, kalangan pengamat percaya kalau keputusan itu diambil untuk memudahkan Arab Saudi ikut ambil bagian dalam diplomasi mencari solusi damai Palestina-Israel.

Pada bagian lain, masalah di Timur Tengah tetap menghangat lantaran masih ada krisis Suriah. Jordania, misalnya, memilih untuk menuntaskan masalah Palestina-Israel lantaran negeri itu berbatasan langsung dengan Israel.

Pengamat juga mengatakan kalau problem Suriah yang belum kunjung tuntas membuat aliran pengungsi dari negeri itu ke berbagai negara-negara tetangga bisa menjadi persoalan baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com