Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Majalah Satire Perancis Samakan Menteri Kulit Hitam dengan Kera

Kompas.com - 13/11/2013, 19:09 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Sebuah majalah satire dengan sampul yang membandingkan seorang menteri kulit hitam Perancis dengan seekor kera terlihat di lapak-lapak penjualan surat kabar di Perancis, Rabu (13/11/2013), meski secara nasional aksi rasialisme ini mendapat kecaman.

Majalah mingguan satire sayap kanan Minute menjual edisi terbarunya dengan foto Menteri Kehakiman Christiane Taubira. Di sampul majalah itu tertulis berita utama "Licik seperti Kera" dan "Taubira Mendapatkan Pisangnya Kembali".

Sampul majalah yang provokatif itu merupakan serangan terbaru terhadap Taubira, yang memicu kecaman dari para politisi yang menuntut agar penerbit dan editor majalah itu ditangkap karena menyebarkan kebencian rasial.

Bahkan, Perdana Menteri Perancis Jean-Marc Ayrault sudah mendaftarkan pengaduan resmi ke kantor jaksa Perancis terkait isi majalah tersebut.

Pengaduan Ayrault itu memang kemudian memicu penyelidikan awal, tetapi di tengah tradisi kebebasan berekspresi yang sangat kuat di Perancis, para pakar hukum berpendapat tak banyak yang bisa dilakukan pemerintah untuk mencegah 40.000 eksemplar majalah itu sampai ke tangan pelanggannya.

Seorang juru bicara distributor majalah itu, Presstalis, mengatakan, perusahaannya bisa membatalkan pengiriman majalah tersebut jika menerima perintah pengadilan. Hingga kini belum ada perintah apa pun terkait distribusi majalah itu.

Sosok Christiane Taubira adalah sosok yang kurang disukai para tokoh politik sayap kanan Perancis. Salah satu penyebabnya adalah Taubira dianggap bertanggung jawab atas disahkannya pernikahan gay awal tahun ini.

Akhir bulan lalu, sekelompok anak-anak menghadiri unjuk rasa anti-Taubira/anti-pernikahan gay. Dalam acara itu anak-anak tersebut terekam meneriakkan kata-kata "Monyet, makan pisangmu".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com