Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kian Banyak Turis Asing Tandang ke Kamboja

Kompas.com - 13/11/2013, 17:36 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Kamboja merilis data terbaru soal pariwisata di negeri itu pada Rabu (13/11/2013). Terbukti, hingga bulan kesembilan 2013 ada 3,05 juta turis asing yang sudah berkunjung. "Angka ini naik 19 persen ketimbang periode sama tahun lalu,"kata pernyataan Kementerian Pariwisata Kamboja sebagaimana warta Xinhua. Pada periode tersebut, turis asal Vietnam menempati posisi pertama dengan jumlah 644.580 orang atau naik 11 persen.

Menyusul di belakangnya adalah turis asal China sebanyak 339.890 orang. Angka ini naik hingga 45 persen.

Di posisi ketiga ada turis asal Korea Selatan sejumlah 317.940 orang. Angka ini naik 4 persen.

Pada level berikutnya adalah turis asal Laos dan Thailand. Di periode tersebut itu ada 302.400 wisatawan asal Laos. "Angka kenaikannya hingga 71 persen,"kata kementerian tersebut.

Sementara, turis asal Thailand ada 164.440 orang. Angka ini naik 20 persen.

Peninggalan dunia

Kamboja dalam dunia pelancongan mengandalkan dua peninggalan dunia versi Unesco. Yang pertama adalah Candi Angkor Wat di Provinsi Siem Reap Barat Laut. Candi ini dibangun pada abad ke-12.

TANG CHHIN SOTHY / AFP Seorang polisi Kamboja terlihat di candi Preah Vihear yang berada di dekat perbatasan dengan Thailand. Pengadilan Internasional memutuskan wilayah di sekitar candi yang diperebutkan Thailand dan Kamboja sejak 2011, merupakan wilayah kedaulatan Kamboja,
Berikutnya adalah Candi Preah Vihear. Peninggalan bersejarah ini dibangun pada abad 11.

Data Kementerian Pariwisata Kamboja menunjukkan sekitar 1,57 juta turis atau setara dengan 51 persen dari pelancong asing ke Kamboja pasti bertandang ke Angkor Wat. Dalam periode 2013 ini, angka tersebut naik 6 persen.

Sementara, pengunjung Preah Vihear jumlahnya 8.100 orang. Angka ini naik 54 persen.

Pariwisata adalah satu dari empat pilar penyokong perekonomian Kamboja. Selama 2012, misalnya, Kamboja kedatangan 3,5 juta turis asing. Dari pariwisata itu, Kamboja beroleh uang 2 miliar dollar AS. "Tahun ini kami mematok target 4 juta turis asing,"kata Menteri Pariwisata Kamboja Thong Khon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com