Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Sejuta Petani Filipina Terkena Dampak Topan Haiyan

Kompas.com - 12/11/2013, 19:13 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Selain menewaskan hampir 10.000 orang, Topan Haiyan atau Yolanda di Filipina juga membawa akibat fatal bagi pertanian di negeri itu. Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) merilis data terbarunya pada Selasa (12/11/2013).
Menurut data itu, Yolanda berdampak terhadap sejuta petani. "Mereka harus memulai kembali masa tanam padi karena banyak sawah luluh lantak oleh topan," kata pernyataan FAO sebagaimana warta AP.

Dalam pernyataannya itu, FAO juga menyebut pertanian kelapa terkena dampak topan. Belum lagi hasil penangkapan ikan laut.

FAO menambahkan, pihaknya menyiapkan dana hingga 1 juta dollar AS untuk membantu petani Filipina. Alokasi dana itu untuk penyediaan bibit padi dan pemupukan.

Menurut FAO, Filipina membutuhkan sedikitnya tambahan dana 24 juta dollar AS untuk pembenahan infrastruktur pertanian seperti perbaikan irigasi.

NOEL CELIS / AFP Seorang korban selamat terjangan topan Haiyan, beristirahat di atas sebuah becak di kota Tacloban, Filipina yang luluh lantak. Dikhawatirkan 10.000 orang tewas akibat terjangan topan dahsyat itu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com