Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Kirim Kapal untuk Bantu Filipina

Kompas.com - 12/11/2013, 10:43 WIB
Inggris akan mengirim kapal perang Angkatan Laut Kerajaan untuk membantu mengatasi bencana akibat badai di Filipina. Demikian diumumkan oleh Perdana Menteri David Cameron.

Ia mengatakan, HMS Daring akan menempuh perjalanan dengan "kecepatan penuh" dari Singapura dan sebuah pesawat pengangkut RAF C-17 akan dikirim. Cameron, yang berbicara di hadapan para pemimpin bisnis di kota London, menambahkan bahwa bantuan Inggris untuk mengatasi kerusakan pasca-topan Haiyan akan ditingkatkan dari 6 juta poundsterling (Rp 109,3 miliar) menjadi 10 juta pounds.

Sebanyak 10.000 orang diperkirakan tewas.

Sementara itu, jutaan korban topan yang selamat menunggu bantuan dan persediaan makanan terus berkurang.

Upaya bantuan internasional dalam skala besar sedang berlangsung, tetapi regu penolong kesulitan mencapai lokasi-lokasi bencana yang aksesnya terputus.

Presiden Filipina Benigno Aquino menyatakan, negara dalam keadaan bencana nasional sebagai tanggapan atas kerusakan akibat topan Haiyan.

Pernyataan keadaan bencana nasional itu dimaksudkan untuk mempercepat bantuan bagi korban selamat dan untuk mengontrol harga kebutuhan pokok.

"Selama hari-hari mendatang, percayalah bantuan akan sampai ke Anda lebih cepat dan lebih cepat lagi," kata Benigno Aquino dalam pidato televisi pada Senin (11/11/2013).

Bantuan besar

Dalam pidato di perjamuan makan malam Lord Mayor's Banquet, Cameron mengatakan, "Kami terus berusaha memberikan pertolongan di berbagai penjuru dunia seperti yang kami lakukan hari ini di Filipina, di mana topan Haiyan telah mengakibatkan kehancuran yang menyedihkan.

"Inggris memberikan 10 juta pounds dan HMS Daring, yang saat ini berada di dekat Singapura, akan segera bergerak dengan kecepatan penuh ke area bencana dengan dukungan dari RAF C-17 yang akan menjadi bantuan besar untuk operasi pertolongan."

Inggris akan menerbangkan bantuan ke Cebu di timur Filipina. Bantuan itu berupa tenda, selimut, tablet pemurni air untuk 300.000 orang, dan perlengkapan rumah tangga untuk pengolahan dan penyimpanan air.

Departemen Pembangunan Internasional telah meminta bantuan darurat untuk 500.000 orang yang terkena dampak topan Haiyan.

HMS Daring adalah kapal penghancur Tipe 45 pertama yang dimiliki Inggris.

Kapal ini tidak hanya memiliki persenjataan canggih dan sebuah helikopter Lynx, tetapi juga dapat mengubah air laut menjadi air minum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com