Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sengketa Perbatasan Slovenia-Kroasia ke Arbitrase

Kompas.com - 11/11/2013, 19:32 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Sengketa perbatasan Slovenia-Kroasia didaftarkan ke lembaga arbitrase di Den Haag, Belanda.
Menurut warta Kantor Berita Slovenia (SPA) pada Senin (11/11/2013), Slovenia yang pertama kali mengirimkan memorandum resmi ihwal sengketa perbatasan itu ke Den Haag. Kelak, masalah itu akan masuk pembahasan lembaga tersebut untuk pencarian keputusan.

Catatan menunjukkan kalau Slovenia dan Kroasia adalah negara-negara merdeka pecahan Yugoslavia sejak 1991. Silang pendapat terjadi soal Pantai Piran di utara Laut Adriatik. Menurut Slovenia, Laut Piran adalah wilayahnya lantaran menjadi akses menuju perairan internasional.

Pada November 2009, Slovenia dan Kroasia menekan perjanjian di Stockholm, Swedia. Isinya, kedua negara sepakat menyelasaikan beda pendapat itu melalui arbitrase internasional.

Rencananya, mantan Presiden Mahkamah Internasional 2000-2003 asal Perancis, Gilbert Guillaume bakal menjadi pengadil bagi masalah tersebut. Guillaume bakal mendapat rekan dalam timnya yakni Bruno Simma asal Jerman dan Vaughan Lowe. "Pengadilan arbitrase rencananya akan mengambil keputusan soal sengketa ini pada 2015,"kata media tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com